Setiap lembaran kertas dihasilkan dari sebatang pohon. Kertas dari bahan kayu keras dibuat dari batang pohon Jati, Ek, Damar, Maple dll. Kertas yang dibuat dari kayu pohon lunak misalnya dari pohon pinus.Kertas dari pohon dari kayu keras lebih lembut dan enak dipakai menulis, tetapi sayang kertas kayu keras tidak sekuat kertas kayu lunak. Maka untuk mendapatkan lembaran kertas yang bagus dihasilkan dari campuran sebatang pohon berkayu keras dan pohon berkayu lunak.

Berapa lembar kertas yang dihasilkan dari sebatang pohon?

Mari kita perkirakan dengan hitungan berikut ini: Ada sebuah lahan yang ditanam pepohonan berkayu keras. Lebarnya 8 kaki, panjangnya 4 kaki, dan tingginya 4 kaki. 3 kaki kira-kira sama dengan 1 meter. Apa saja yang bisa dihasilkan oleh lahan ini? Ternyata pohon-pohon itu bisa menghasilkan 1000-2000 pon kertas, atau 1/2-1 ton kertas, atau 942.100 halaman buku, atau 4.384.000 perangko, atau 2700 eksemplar koran, atau…berapa eksemplar lagi halaman majalah kesayangan anda? Jadi berapa banyak jumlah pohon yang harus ditebang untuk menghasilkan kertas yang ada di seluruh dunia?…Hmmm, silakan anda hitung sendiri…Fantastis bukan? Bisa dibayangkan, kalau manusia tidak menanam pohon kembali, maka hutan-hutan akan gundul dan gersang…hiiii seram kan, membayangkan bencana yang akan timbul.

Jadi, apa masih tega memboroskan kertas?

Menghemat kertas, berarti menghemat : POHON, MINYAK, ENERGI LISTRIK DAN AIR. Kalau kita menghemat 1 ton kertas, berarti kita juga menghemat 13 batang pohon besar, 400 liter minyak, 4100 Kwh listrik dan 31.780 liter air. Fakta yang luar biasa!

Memang setiap orang tidak bisa menghemat kertas sebanyak 1 ton. Tetapi kalau setiap orang melakukan penghematan minimal 1 lembar kertas per hari, pasti di seluruh dunia berton-ton kertas yang dapat dihemat bukan?

CARANYA :

– Jangan sembarangan membuang kertas. Periksa dahulu, apakah masih bisa digunakan kembali untuk keperluan lain.

– Kumpulkan sisa-sisa kertas yang benar-benar tidak terpakai, kemudian serahkan atau jual kembali kepada pemulung kertas. Mereka akan mengirimkan kertas bekas tersebut ke tempat daur ulang.

– Bila akan mencetak dari komputer gunakan kertas print bila hasil ketikan sudah sempurna. Jadi edit ketikan di komputer anda sampai pas sesuai dengan keinginan, barulah di print.

– Bila memungkinkan print hasil kerja anda secara bolak-balik pada selembar kertas.

– Kita bisa kok, membuat notes kecil dari kumpulan sisa-sisa kertas yang digunting rapi trus distapler. Pakai saja untuk mencatat pesan-pesan telepon yang masuk, atau untuk nota belanja.

– Koran, tabloid dan majalah bekas bisa dipakai lagi untuk bungkus-membungkus, atau alas lemari pakaian anda. Tapi..jangan karena pingin hemat, trus anda kirim kado ultah ke calon mertua yang dibungkus koran bekas bungkus gorengan, lecek lagi. Bisa-bisa camer akan mengira anda pelit dan akan berpikir dua kali untuk menerima anda sebagai calon mantu.

– Bagaimana dengan tissue toilet? Aduh..maaf, kalo kertas yang ini silakan anda daur ulang di dalam kloset saja, terus di flush…aman. Plis jangan sampai anda serahkan ke pabrik daur ulang . Hiii, berabe!

– Ayo berhemat pakai kertas. Bisa kan?

Dari sebuah email, semoga bermanfaat. Wassalam.